mahir menulis bagi seorang lawyer

3 Alasan Kenapa Seorang Lawyer atau Pengacara Harus Mahir Menulis

Profesi menjadi seorang lawyer atau pengacara memang diharuskan memiliki banyak keahlian. Bisa dibilang, harus banyak bidang dikuasai dalam satu waktu. Karena profesi ini menjadi sebuah jembatan antara berbagai pihak. Nah, kali ini tim HukumCorner mengulas tentang 3 alasan kenapa seorang lawyer atau pengacara harus mahir menulis, berikut detailnya:

 1.  Menulis laporan

Seorang lawyer atau pengacara dituntut untuk menulis dan menyusun laporan secara sistematis dan jelas. Menganalisa setiap kasus dan memecahkannya dan menyajikan secara detail dan akurat. Data dan fakta yang anda temukan di lapangan akan lebih mudah dipahami jika anda tahu cara yang tepat untuk menyampaikannya di laporan.

pengacara harus mahir menulis
lawyer harus mahir menulis

2. Menulis akan membantu branding Anda

Menulis akan memudahkan anda untuk bercerita siapa anda, apa yang anda lakukan, apa yang menjadi fokus profesi anda dan tentunya juga menulis membantu pembaca anda untuk mengetahui dan kenal lebih dekat dengan Anda sebagai seorang profesional ataupun pribadi. Tidak hanya bercerita tentang kasus melainkan hal-hal menarik lainnya.

Lalu, apakah media yang cocok untuk membantu branding anda ?

  • Sosial Media , maksimalkan semua lini sosial media untuk membantu branding bisnis anda, optimalkan instagram, facebook, twitter untuk berbagi tentang informasi, tips atau aktivitas anda. Tidak sekedar posting atau berkicau, melainkan anda ikut berperan aktif untuk diskusi dengan sahabat dan follower meskipun mereka tidak satu profesi atau lintas bidang. Gunakan bahasa yang santai tapi tetap ramah, karena pada dasarnya bersosial media adalah sebuah percakapan santai di ranah online. Ini seperti anda sedang “ngobrol” di coffee shop.
  • Website , sudah saatnya anda memaksimalkan website untuk mendukung bisnis dan profesi anda. Optimalkan website untuk membagikan informasi, tips, studi kasus bahkan diskusi dua arah dengan pembaca. Anda juga dapat menampilkan profil anda secara menyeluruh melalui website baik corporate maupun personal.

3.  Menulis pada dasarnya akan memaksa anda untuk banyak membaca 

Ketika anda aktif menulis, maka secara otomatis anda harus membaca terlebih dahulu baik laporan, majalah, portal berita atau menyimak tren di sosial media. Menulis dan membaca adalah aktifitas yang sangat anda perlukan sebagai seorang profesional karena disatu sisi anda menyajikan informasi, disisi lain anda belajar tentang hal baru dalam satu waktu.

Lalu, ada pertanyaan selanjutnya adalah … bagaimana saya bisa mengasah kemampuan menulis ini ?

  • Aktiflah untuk berkicau di sosial media secara utuh, maksudnya adalah dengan menulis status lebih panjang minimal 10 baris, dan buatlah status seperti anda sedang bercerita santai. Latih terus menerus hingga anda dapat mengetahui bahwa status anda memiliki impact positif.
  • Follow dan bertemanlah dengan para penulis yang anda sukai, tidak sekedar penulis buku melainkan anda dapat memfollow atau like mereka-mereka yang menurut anda sangat cocok dengan style anda, dan jangan lupa untuk ikut serta dalam diskusi yang mereka angkat.
  • Mulailah mempunya blog atau website, menulislah secara konsisten di blog/web anda. Anda dapat mulai dengan tema-tema sederhana yang anda kuasai seperti, bagaimana mempersiapkan berkas bla bla, bagaimana membuat ijin perusahaan bla bla … dst . Menulislah minimal 1 minggu sekali dan bagikan tulisan tersebut ke khalayak umum baik melalui sosial media maupun via pesan whatsapp dan dapatkan insight dari mereka melalui tanya jawab di kolom komentar atau chat di group diskusi.

Mudah bukan, nah cukup praktekan dan anda akan melihat hasilnya. Ya, termasuk ketika anda membaca artikel ini.. kami tim admin sedang berlatih menulis dan mengantarkan informasi yang berguna bagi pembaca. Untuk informasi dan diskusi tentang dunia penulisan dapat menghubungi tim admin kami di WA 08383-7060-702 atau melalui kolom komentar dibawah ini.

foto pexels

(Visited 362 times, 3 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *