6 Keuntungan Transaksi Non Tunai

Dulu, manusia bertransaksi dengan cara barter. Satu barang A ditukar dengan sekian barang B. Semakin kekinian, barter ditinggalkan. Muncullah cara-cara transaksi yang ragamnya tidak cuma satu, diantaranya adalah transaksi non-tunai. Lantas, sebenarnya apa sih enaknya transaksi non-tunai. Ini dia 6 keuntungan transaksi non-tunai.

1⃣ Tidak perlu bawa uang tunai kemana-mana. Sebagai masyarakat kekinian yang memiliki mobilitas tinggi, kita tidak selalu membawa uang tunai. Oleh karena itu, transaksi non tunai dapat menjadi solusi. Cukup membawa uang tidak tunai saja.

2⃣ Bisa transaksi tanpa memiliki uang tunai. Sekarang harga barang-barang semakin mahal. Inflasi dan politik senantiasa menaikan dan meningkatkan harga barang-barang. Dengan transaksi non tunai, jita tidak harus memiliki uang tunai untuk mendapatkan barang-barang yang semakin mahal itu. Yang penting punya uang tidak tunai. Keuntungan ini juga menjadi salah satu solusi untuk modal usaha, terutama dalam pengadaan asset.

3⃣ Mudah, tidak perlu repot- repot menghitung uang tunai. Selain itu, transaksi non tunai juga semakin dimudahkan dengan elektronifikasi transaksi. Jadi kemana pun kita pergi masih dapat dengan mudah, aman dan nyaman bertransaksi. Yang penting tanggungan keuangannya ditunaikan.

4⃣ Dapat mendapatkan pelanggan lebih cepat. Karena tidak semua pelaggan punya uang tunai, jadi transaksi non-tunai menjadi solusi bersama. Dengan semakin banyaknya pelanggan, maka hal ini dapat memicu crowd effect yang berdampak positif untuk usaha yang sedang kita jalankan.

5⃣ mempercepat siklus ekonomi sehingga meningkatkan arus kas. Siapa yang tidak suka arus kasnya meningkat, bukan? Dengan arus kas yang besar, tentunya akan meningkatkan valuasi usaha dan kemudian memperbesar potensi penambahan modal. Untuk usaha yang ingin menjadi besar dan go public, ini penting sekali.

6⃣ Mendukung Bank Indonesia (BI) dalam Gerakan Nasional Non Tunai. Siapa bilang bela negara hanya bisa dilakukan oleh TNI dan POLRI, kita juga bisa. Salah satunya dalah dengan mendukung program-program lembaga negara. Salah satunya ya Gerakan Nasional Non Tunai ini.

Yak, itulah 6 keuntungan transaksi non tunai yang ‘sudah jamannya’. Sebenarnya sih mungkin ada keuntungan-keuntungan lain. Bahkan mungkin keuntunga transaksi tunai lebih banyak, tapi temanya kan non tunai, jadi ya sudah, begitu saja.

(Visited 945 times, 2 visits today)

Leave a Comment