Alat Pembayaran Non Tunai Paling Universal

Kebutuhan masyarakat akan transaksi jual-beli kian tahun kian meningkat. Maka dari itu, para penyedia jasa penyimpanan uang seperti bank belomba-lomba untuk memberikan fasilitas pembayaran yang cepat, mudah, dan aman. Salah satunya adalah dengan menggalakan Gerakan Nasional Non Tunai.
Gerakan Nasional Non Tunai adalah salah satu program nyata untuk melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat melalui praktik penggunaan instrument non tunai uang elektronik secara langsung sehingga pengguna menjadi terbiasa dan nyaman dalam melakukan instrument pembayaran non tunai. Pertanyaannya adalah, “Mengapa hal ini diperlukan?”
Jawabannya adalah, mengingat semakin padatnya jadwal masyarakat modern sekarang ini, transaksi jual-beli yang cepat dan aman sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok yang sangat didambakan masyarakat. Pembayaran atas transaksi jual beli barang maupun jasa dengan metode pembayaran non tunai akan memberikan keefisiensian waktu dan tenaga yang cukup signifikan dibandingkan dengan metode pembayaran tunai.
Nah, maka dari itu, kita semua harus terlebih dahulu memahami alat pembayaran non tunai yang paliing popular berikut ini.

1.ATM
Sebagian besar masyarakat Indonesia, khususnya para penghuni daerah perkotaan, pasti sudah mengetahui metode pembayaran menggunakan kartu satu ini.
Kartu ATM adalah kartu elektronik yang berisikan saldo anda di bank. Dengan menggunakan kartu ATM, anda sudah dapat menarik uang tabungan, mentransfer, mengecek saldo, sampai melakukan pembayaran atas suatu barang yang biasa disebut dengan debet.
Bentuknya yang hanya seukuran kartu nama dan beratnya yang relatif ringan karena terbuat dari plastic membuat ATM menjadi mascot pembayaran non-tunai.
Pembuatannya pun cukup mudah dan tidak memberikan syarat-syarat yang memberatkan. Dalam proses pembuatannya, nasabah hanya perlu mengikuti instruksi dari pihak Bank danmenyerahkan persyaratan seperti kartu KTP, Foto Copy kartu keluarga, dan buku tabungan. ATM dapat dimiliki oleh siapa saja, mulai dari pelajar berusia diatas 17 tahun sampai pengusha kaya.
2.Cek
Cek adalah sebuah surat perintah pencairan sejumlah dana yang dapat diuangkan atau dicairkan di bank. Pihak Bank biasanya memberikan cek kepada nasabah yang jumlah tabungannya sudah mencapai nilai tertentu. Cek biasa digunakan oleh perusahaan-perusahaan sebagai cara pembayaran atas pembeliat alat-alat inventaris kantor maupun pembayaran atas transaksi tertentu.
Kelebihan dari cek adalah, benda ini dapat dibawa-bawa dan fleksibel. Bentuknya yang mirip kwitansi juga memudahkan para penggunanya dalam bertransaksi.
Tidak perlu jauh-jauh mencari atm atau bank terdekat. Begitu menerima cek, si penerima hanya perlu menelfon pihak bank untuk mengkonfirmasi terkait saldo si pemberi cek.

Selain ATM dan Cek, masih banyak alat-alat pembayaran non tunai lainnya yang juga mudah dana man untuk digunakan seperti kartu kredit, wesel, sampai giro. Anda dapat meminta penjelasan dari pihak bank langsung erkait alat-alat pembayaran di atas jika panduan yang tercantum belum cukup dipahami.

(Visited 271 times, 1 visits today)

Leave a Comment