Apa yang dimaksud dengan AMDAL

Apa yang dimaksud dengan AMDAL – Saat ini khususnya di Jakarta banyak proyek-proyek pembangunan. Di dalam pembangunan proyek-proyek seperti sebuah gedung, ruko, Pabrik atau pembangunan lainnya tentu tidak boleh sembarangan, kita harus memperhatikan lingkungan yang ada di sekitar proyek tersebut. Oleh karena itu ada yang dinamakan AMDAL di dalam mengurusi hal ini. Apa itu AMDAL? Yuk simak penjelasannya.

AMDAL ini adalah sebuah singkatan dari Analisis Mengenai Dampak Lingkungan. Pengertian dari AMDAL sendiri adalah Sebuah studi yang diperuntukkan di dalam proses mengukur atau memperkirakan dampak yang akan terjadi pada lingkungan sekitar ketika akan melakukan Proyek-proyek pembangunan gedung, ruko, pabrik atau gedung lainnya yang bertujuan untuk memastikan agar tidak terjadi masalah lingkungan sampai proyek ini selesai dan seterusnya.

Pengertian AMDAL sendiri terdapat di PP Nomor 27 tahun 1999, yang isinya pengertian AMDAL adalah suatu kajian dari suatu dampak yang besar dan penting untuk melakukan pengambilan keputusan suatu usaha atau juga kegiatan yang direncanakan di dalam lingkungaan hidup yang diperlukan bagi suatu proses pengambilan keputusan mengenai penyelenggaraan usaha atau juga Kegiatan.

Di dalam AMDAL ini terdapat analisis yang meliputi berbagai faktor, seperti

  • Faktor Fisik
  • Faktor Kimia
  • Faktor Biologi
  • Faktor Sosial ekonomi dan
  • Faktor Sosial budaya

Yang dimana semua faktor ini dilakukan secara integrasi dan menyeluruh. AMDAL ini juga memiliki beberapa fungsi yang perlu kita perhatikan di dalam melakukan Pembangunan proyek-proyek, di antaranya adalah :

  • AMDAL memiliki fungsi sebagai masukan pertimbangan yang lebih luas untuk perencanaan dan pengambilan keputusan sejak awal pembangunan
  • AMDAL memiliki fungsi sebagai panduan atau pedoman bagi pelaksanaan dari rencana kegiatan pembangunan, rencana pengelolaan lingkungan dan juga rencana pemantauan lingkungan
  • AMDAL memiliki fungsi sebagai penentuan tempat pembangunan yang layak pada suatu wilayah beserta dengan pengaruhnya

Tujuan utama dengan adanya AMDAL sendiri alah untuk menjaga dari berbagai kemungkinan yang terjadi akibat dari rencana usaha atau kegiatan yang di adakan. Selain itu juga tujuan AMDAL juga untuk penjagaan di dalam suatu rencana usaha atau kegiatan agar tidak memberikan suatu dampak buruk bagi lingkungan sekitar ketika Proyek tersebut telah dibangun.

(Visited 1,568 times, 1 visits today)

Leave a Comment