cinta rupiah

Begini cara pemerintah membantu tuna netra mengenal uang #CintaRupiah

Review cinta rupiah –  Gerakan cinta rupiah yang sedang dilakukan oleh pemerintah melalui Bank Indonesia ini betul-betul masiv. Tak hanya menggandeng perusahaan besar untuk membantu menggaungkan pentingnya mencintai rupiah, pemerintah pun meyasar anak muda melalui kompetisi pembuatan video dan penulisan dalam blog.

Tak hanya itu, pemerintahpun ingin memberikan kemudahan pengenalan nilai mata uang rupiah bagi penyandang tuna netra. Maka sejak tahun emisi akhir 2016 lalu, saat pemerintah mengeluarkan 11 uang pecahan rupiah yang baru, pemerintah melakukan perbaikan dan penyempurnaan pada fitur blind code atau kode untuk tuna netra. Tahun emisi 2016 ini memiliki kemudahan terhadap efek rabaan pada masing-masing pecahan yang dikeluarkan.

Tujuh uang kertas dan empat uang logam atau koin telah beredar hingga saat ini. Dengan kemudahan yang diberikan pada rabaan uang itu diharapkan membuat mereka semakin menghargai nilai rupiah itu sendiri. Lalu bagaimana pemerintah memberikan kode untuk tuna netra itu, ya?

 

Berikut ini salah satu kode yang ada pada beberapa pecahan uang tahun emisi 2016 lalu.
1. Pecahan uang kertas Rp 100.000
Terdapat satu garis timbul pada sisi pinggir bagian uang.
2. Pecahan uang kertas Rp 50.000
Terdapat dua garis timbul pada sisi pinggir bagian uang.
3. Pecahan uang kertas Rp 20.000
Terdapat tiga garis timbul pada sisi pinggir bagian uang.
4. Pecahan uang kertas Rp. 10.000
Terdapat empat garis timbul pada sisi bagian uang.
5. Pecahan uang kertas Rp. 5.000
Terdapat lima garis timbul pada sisi bagian uang.
6. Pecahan uang kertas Rp 2.000
Terdapat enam garis timbul pada sisi bagian uang.
7. Pecahan uang kertas Rp 1.000
Terdapat tujuh garis timbul pada sisi pinggir bagian uang.

Dengan bertambahnya kemudahan bagi para penyandang tuna netra, pemerintah berharap mereka dengan mudah mampu mengenal nilai rupiah secara baik. Jauh dari tipudaya orang-orang yang tidak bertanggung jawab saat menolong mereka. Itulah salah satu penyebab utama mengapa kita harus menghargai uang dengan tidak mudah melipat atau bahkan meremas uang kertas. Karena ternyata, dalam uang kertas ada kode rabaan yang diepruntukkan bagi saudara kita penyandang tuna netra.

 

foto merdeka

(Visited 163 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *