Cara Cek saldo BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan merupakan suatu Program publik yang memberikan perlindungan bagi tenaga kerja untuk mengatasi risiko sosial ekonomi tertentu dan penyelenggaranya menggunakan mekanisme Asuransi sosial. Dahulu BPJS Ketenagakerjaan bernama Jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja) yang dikelola oleh PT Jamsostek (Persero), namun sejak 1 Januari 2014 PT Jamsostek berubah menjadi BPJS Ketenagakerjaan sesuai UU no. 24 tahun 2011 tentang BPJS.

Dalam UU KetenagaKerjaan telah dijelaskan bahwa para pekerja dari berbagai kalangan di Indonesia wajib memiliki BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan. Hal itu bertujuan untuk melindungi pekerja dari resiko terkait kesehatan serta jaminan hari tua dan berbagai manfaat dari BPJS itu sendiri. Oleh karena itu anda harus mengetahui beberapa informasi tentang BPJS Ketenagakerjaan, salah satunya yang akan kami Share, yaitu Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan.

Saat ini pihak BPJS sedang memperbaiki pelayanan Masyarakat yang sebagian besar masih merasa kurang maksimal, salah satunya Fasilitas Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan yang bisa anda lakukan melalui Online atau Melalui SMS.

Mengecek Saldo BPJS secara Manual

Cara ini yang paling sering dilakukan oleh masyarakat saat ini yaitu mendatangi langsung kantor-kantor Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan. Selanjutnya nanti akan ada petugas yang membantu anda disana dengan memprintkan Slip saldo BPJS Ketenagakerjaan anda.

Mengecek saldo BPJS Secara Online

Anda bisa mengunjungi www.jamsostek.co.id dan siapkan Kartu Jamsostek atau Nomor KPJ (Nomor yang tercantum pada kartu BPJS). Selanjutnya kunjungi Website www.BpjsKetenagakerjaan.go.id lalu lihat kanan atas dan klik Tenaga Kerja, atau anda bisa langsung https://es.bpjsketenagakerjaan.go.id/#tenagakerja lalu masukkan User ID dan Password anda jika sebelumnya sudah pernah mendaftar, namun jika anda belum mendaftar anda bisa mendaftar terlebih dahulu dengan cara klik tulisan Registrasi pada menu Tenaga kerja (jika berstatus sebagai tenaga kerja) lalu isilah form dengan lengkap dan benar.

Setelah anda mengikuti semua tata cara pendaftaran sampai aktif, anda bisa Login dengan menggunakan User ID dan Password yang anda daftarkan. Setelah masuk di menu Member Jamsostek, pilihlah menu Lihat Saldo JHT, kemudian pilih KPJ Jamsostek/BPJS TK anda, lalu klik tombol SUBMIT, dan anda bisa melihat jumlah saldo anda yang muncul di layar. Setelah melihat jumlah saldo anda, anda bisa melihat informasi lainnya.

Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui Aplikasi Smartphone

Untuk anda pengguna Smartphone, baik Android, Apple maupun Blackberry anda bisa download aplikasi BPJS Ketenagakerjaan untuk cek saldo BPJS Ketenagakerjaan. Ikuti Langkah berikut ini :

  • Download dan Install Aplikasi BPJS Ketenagakerjaan yang tersedia di Playstore maupun BBMstore
  • Jika sudah terinstall selanjutnya tinggal setting aplikasi sesuai dengan akun BPJS anda
  • Selanjutnya masukkan User ID dan Password akun BPJS anda, lalu cek saldo anda

Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui SMS

Caranya dengan ketik REG#NoJamsostek/BPJS#TanggalLahir#NamaIbuKandung, lalu kirim ke 08111009696. Lalu anda akan mendapat sms balasan yang berisi ID anda. Kemudian setelah ID sudah didapatkan anda bisa membalas SMS tersebut dengan format SALDO#ID_anda, kemudian kirim ke 08111009696. Tunggu dan anda akan mendapatkan SMS yang berisi saldo anda.

Mengecek Saldo melalui ATM BNI

Khusus anda Nasabah BNI, anda bisa langsung mengecek saldo BPJS anda di ATM Terdekat. Bank BNI telah bekerja sama dengan pihak yang terkait untuk memberikan pelayanan yang lebih mudah untuk dilakukan bagi pengguna BNI. Tapi perlu di ingat, anda hanya bisa mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan anda saja, anda tidak bisa untuk mengambil saldo yang anda miliki di ATM BNI.

Begitulah cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan anda, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda seterusnya. Happy Working!

(Visited 739 times, 1 visits today)

Leave a Comment