Menilik Peluang Budidaya Pinang Untuk Market Lokal dan Luar

Jika berbicara dunia usaha pastilah banyak hal yang harus kita perhatikan. Tidak melulu tentang potensi incomenya melainkan juga hal teknis termasuk sejauh mana market membutuhkan ? Nah, diartikel kali ini kita akan menilik peluang budidaya pinang untuk market lokal maupun luar ? Peluang budidaya ini lumayan menarik bahkan ini sangat mudah dijalankan meski oleh pemula.

Pohon pinang ini hampir mirip dengan pohon kelapa atau sawit. Dan peminat akan budidaya pinang semakin meningkat apalagi peluang untuk ekspor seperti ke India, Thailand, Malaysia, Singapore dll. Dan kecenderungannya tiap tahun makin meningkat baik dari segi jumlahnya maupun daerah penghasil pinang. Seperti ekspor pinang dari Kalimantan Barat tepatnya Pontianak yang mampu menembus 3.643 pada tahun 2018.

Bagaimana cara budidaya pinang, berikut garis besarnya:

  1. Pinang cocok ditanam diiklim subtropis dan tropis
  2. Cocok untuk budidaya ditanah berliat (clay loam) dengan aerasi yang baik, solum tanah dalam dan tidak terdapat lapisan cadas
  3. Siapkan lahan budidaya dengan jarak tanam 2,7 m x 2,7 m segi empat
  4. Siapkan bibit pinang unggul
  5. Ketika menanam dapat menggunakan metode sistem monokultur dan sistem tumpang sari
  6. Penanganan gulma, hama dan penyakit pada tanaman secara intensif
  7. Pengolahan panen dan pasca panen

Penanganan biji pinang untuk target market lokal biasanya masih dipanen pada usia muda kira-kira berumur 3-4 bulan dengan tekstur yang masih lembut sehingga dapat dikunyah dengan sirih, kapur dan gambir biasanya marketnya seperti kota Papua, Manado dll. Untuk penanganan pinang market luar atau ekspor biasanya disortir lalu dikeringkan dengan menggunakan tungku pemanas hingga kadar airnya sekitar plus minus 4%. Proses pengeringan sendiri bertujuan agar biji pinang tidak mudah terkena jamur. Setelah proses selesai lalu dibungkus dan siap untuk dikirim ke buyer diluar negeri.

Sedangkan manfaat buah pinang terutama bijinya sangat beragam seperti:

  1. Digunakan sebagai obat seperti: menyehatkan rahim, mengatasi keputihan, mencegah gigi berlubang, mengatasi mulut kering, meningkatkan stamina tubuh, mengeluarkan racun dari tubuh, meredakan kecemasan dan termasuk untuk meredakan gejala depresi.
  2. Meningkatkan nafsu makan
  3. Dan dijadikan minuman kesehatan

Nah, menarik kan  bahwa begitu banyak manfaat pinang untuk kesehatan? Dari banyaknya manfaat maka akan terbuka lebar tingginya kebutuhan akan pinang sendiri. Dan pastinya ini membuka peluang untuk Anda terjun melakukan budidaya pinang.

Jika Anda tertarik dengan peluang budidaya pinang baik untuk pemenuhan market dalam maupun luar maka Anda akan membutuhkan bibit pinang unggul yang bermutu tinggi. Dan kami rekomendasikan salah satu penyedia bibit unggul yaitu Lentera Mantang yang memang supplier bibit pinang unggul. Lentera Mantang sendiri sudah berdiri sejak 2018 dengan mengekspor ke market luar seperti: Myanmar, Thailand, Pakistan, Arab Saudi, Bangladesh dll. Selain berpengalaman dibidang ekspor, Lentera Mantang juga mulai masuk kedunia pembibitan sebagai mitra petani dan bukan sekedar sebagai perantara penjual bibit. Lentera Mantang juga siap memberikan konsultasi seputar budidaya pinang dan peluang bisnisnya.

Lentera Mantang sudah membantu lebih dari 1000 petani. Dan mempunyai mitra petani dari berbagai wilayah seperti: Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Bangka Belitung, Lmapung hingga ke Papua. Dan inilah saatnya Anda berkolaborasi dengan Lentera Mantang untuk mensukseskan produksi dan ekspor pinang ke berbagai wilayah. Jika Anda tertarik dan ingin mempelajari info detailnya dapat klik www.BibitPinangUnggul.com atau WA 0852-8967-4014 . Lentera Mantang siap menjadi partner bisnis Anda. Jadi, untuk kebutuhan bibit pinang unggul percayakan pada Lentera Mantang yang sudah berpengalaman dan terpercaya.

(Visited 64 times, 1 visits today)

Leave a Comment