Menjadi bagian dari Gerakan Nasional Non Tunai

Pemerintah kini tengah gencar-gencarnya mengajak masyarakat untuk bergabung dalam gerakan nasional non tunai. Gerakan ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan transaksi pembayaran atas barang maupun jasa. Namun, kebanyakan masyarakat umum, terutama yang tinggal di wilayah pedesaan dan jauh dari hiduk pikuk kesibukan pekerjaan masih “takut” untuk bergabung dalam gerakan nasional non tunai yang digalakan pemerintah.

Kebanyakan dari mereka masih belum mengenal apa itu gerakan non tunai dengan jelas, berikut dengan kemudahan serta fasilitas-fasilitas yang akan didapatkan oleh masyarakat yang bergabung dalam gerakan nasional non tunai. Masyarakat awam masih takut untuk mencoba alat-alat pembayaran non tunai atau e-money, takut salah dan takut kehilangan uang mereka. Maka dar itu, mari kenali cara-cara menjadi bagian dari gerakan nasional non tunai.

Yang pertama harus anda ketahui adalah, untuk menjadi bagian dari gerakan non tunai adalah anda harus menjadi nasabah bank terlebih dahulu. Karena, sebagian besar alat pembayaran non tunai merupakan fasilitas yang diberikan bank kepada nasabahnya.
Hal ini pula lah yang harus diperhatikan untuk meluruskan stigma masyarakat akan pengurusan akun bank yang terkesan sulit dan berbelit-belit. Padahal, sejatinya untuk membuka akun rekening bank hanya memerlukan kartu identitas diri. Jika ada syarat yang terlalu memberatkan, anda harus berhati-hati karena bisa jadi itu adalah ulah oknum-oknum tertentu untuk mendapatkan keuntungan pribadi.
Setiap bank memiliki persyaratannya sendiri-sendiri untuk membuka rekening. Namun mayoritas bank hanya meminta kartu identitas diri, kartu keluarga, dan saldo awal rekening. Jumlah saldo awal yang harus dibayarkanpun bebeda-beda tergantung dengan bank apa yang anda percaya. Saldo pembuka biasanya bekisar antara 200-500 ribu rupiah. Namun jangan salah, saldo awal ini akan masuk ke rekening anda dan dapat anda ambil langsung begitu rekening anda sudah jadi. Saldo anda hanya akan terpotong sebagai biaya administrasi sebesar 10.000-20.000 ribu rupiah.
Setelah membuka rekening bank, anda dapat meminta bank untuk memberikan anda alat pembayaran non tunai yang terhubung dengan rekening bank anda sepeti kartu ATM, kartu kredit, bahkan cek.
Dalam pembuatan rekening bank pun anda akan dibantu oleh teller bank sehinga anda akan lebih mudah mengurusnya.

Dengan menjadi nasabah dari suatu bank, maka anda sudah menjadi bagian dari Gerakan Nasional Non Tunai.
Siapkah anda menjadi bagian dari perubahan bangsa?

foto ebu dot ch

(Visited 114 times, 1 visits today)

Leave a Comment