Trend Instagram Marketing 2020

Seiring dengan perkembangan tekhnologi internet (2G, 3G, 4G, bahkan sampai 5G), sosial mediapun mengalami perkembangan yang cukup pesat. Berdasarkan data yang diperoleh dari We Are Social pada bulan Juli 2019, ada lebih dari 3,5 milyar orang di seluruh dunia menggunakan media sosial dan sebagaian besar penggunanya adalah generasi milenial.

Ada banyak sekali media sosial yang sering digunakan, tapi media sosial apa saja yang paling banyak digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia? Masih berdasarkan data dari We Are Social, bahwa…

· Diurutan pertama ada Facebook dengan 113,3 juta pengguna

· Diurutan kedua ada Snapchat dengan 66,9 juta pengguna

· Diurutan ketiga ada Instagram dengan 52,9 juta pengguna

· Dan diurutan keempat ada Twitter dengan 20,2 juta pengguna

Instagram memang menempati urutan ke-3, tapi media sosial inilah yang akan dibahas di dalam artikel ini.

Instagram Marketing

Dengan penggunanya yang sebagian besar adalah generasi milenial, instagram seringkali digunakan hanya untuk berfoto selfie, upload foto-foto makanan, ataupun upload foto-foto saat liburan, bahkan banyak juga yang hanya sekedar mengupload foto & video candaan yang tidak jelas. Iya, itu memang sudah sesuai dengan fungsinya sebagai media untuk bersosialisasi, tapi apakah anda tahu bahwa sebenarnya instagram bisa juga digunakan sebagai media untuk memasarkan / memperomosikan produk dan jasa, bahkan bisnis?

Proses pemasaran yang menggunakan instagram sebagai medianya sering disebut juga dengan istilah instagram marketing. Memilih instagram sebagai media pemasaran merupakan pilihan yang tepat, karena media sosial yang satu ini bisa digunakan untuk berbagai jenis bisnis, baik jasa maupun produk fisik, bahkan bisa juga untuk produk digital.

Untuk produk berupa jasa, instagram lebih banyak digunakan untuk membangun personal branding. Sedangkan untuk produk fisik & produk digital, instagram lebih sering difungsikan sebagai toko online. Kita tahu, bahwa perkembangan media sosial lain di Indonesia seperti youtube & tiktok cukup pesat di tahun 2020 ini, meskipun demikian instagram tidak akan kalah dan akan tetap menjadi salah satu media sosial yang sangat powerfull sebagai media untuk pemasaran. Singkatnya, instagram sangat cocok untuk berbisnis.

Alasannya, selain karena media sosial ini gratis, fitur-fiturnya juga simpel, mudah digunakan bahkan untuk orang gaptek sekalipun. Selain itu, instagram juga bisa menjangkau konsumen dari berbagai kalangan, ini karena salah satu keunggulannya adalah mengutamakan visual & audio visual, sehingga lebih menarik.

Influencer (Selebgram) & Endorsment

Berbicara mengenai instagram marketing, maka tidak bisa terlepas dari yang namanya influencer. Influencer yang dimaksud di sini adalah selebgram, yaitu seseorang yang mempunyai banyak follower di instagram. Sejalan dengan pertumbuhan instagram, influencer juga ikut bertumbuh. Jumlahnya di tahun 2020 ini akan lebih banyak dibandingkan dengan tahun 2019 kemarin. Banyak perusahaan / pemilik sebuah produk menggunakan jasa dari influencer untuk mempromosikan produk-produk mereka (Endorsment / Endors) Untuk sekelas perusahaan, menggunakan jasa influencer memang sangat menguntungkan, karena bisa dikatakan bahwa biayanya lebih murah dibandingkan dengan iklan di televisi. Murah untuk sekelas perusahaan tapi belum tentu bagi pengusaha-pengusaha kecil sekelas UKM, maka menggunakan jasa influencer bukanlah cara yang tepat, terutama untuk Anda yang baru mulai membuka usaha.

Membangun Akun Instagram Sendiri

Cara ini memang tidak semahal menggunakan jasa influencer, tapi dalam prosesnya nanti memerlukan perjuangan yang lebih, artinya memerlukan tenaga yang lebih banyak dan waktu yang lebih lama. Menggunakan instagram sebagai media pemasaran artinya Anda harus secara rutin membuat konten berupa foto / gambar dan video yang bukan hanya menarik saja, tapi original juga tentunya. Jika Anda belum tahu bagaimana cara untuk membuat konten-konten tersebut, jangan khawatir! Ada banyak tutorial yang tersebar di internet mengenai cara pembuatan konten (foto & video) khusus untuk instagram. Jika Anda tidak mau atau memang tidak ada waktu untuk belajar membuat konten, maka solusinya adalah menyewa / mempekerjakan seorang konten creator, tapi kembali lagi cara ini tentu tidak murah, meskipun tidak semahal jasa influencer. Sebenarnya ada satu cara yang lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan jasa influencer ataupun konten creator. Tapi sebelum itu, Anda bisa mempelajari sedikti tips bagaimana cara membuat konten yang cocok untuk mempromosikan sebuah produk melalui instagram. Tips sederhana tersebut adalah…

Buatlah konten (gambar/video) yang mempunya “cerita”.

Kenapa? Karena orang-orang akan tertarik, penasaran dan terbawa suasana ketika melihat sebuah konten yang mempunyai “cerita”. Meskipun dikatakan “cerita”, tapi perlu diingat, jangan membuat “cerita” yang mengandung unsur kebohongan. Akan lebih baik jika Anda membuat cerita “Behind The Scene” saja untuk produk atau jasa Anda.

Mengenai foto, akan lebih bagus jika menggunakan model juga, tidak sekedar foto produknya saja. Sebagai contoh, misalkan Anda akan mengupload foto produk berupa kalung ke dalam instagram Anda. Sebelumnya Anda sudah menyiapkan 2 foto, foto yang pertama hanya foto kalung polos saja, sementara yang kedua adalah foto sebuah kalung yang dipakai oleh seseorang (model). Ketika Anda mengupload foto sebuah kalung polos, maka itu akan menjadi sebuah foto yang biasa-biasa saja, tapi ketika Anda mengupload foto kalung yang sedang dipakai oleh model, maka orang-orang akan lebih tertarik untuk melihatnya karena fotonya terlihat lebih hidup.

Tutorial-tutorial & tips-tips seperti itu bisa Anda pelajari sendiri dengan mencarinya langsung di internet.

“Kembali ke laptop!”

akademi bisnis digital
Akademi Bisnis Digital

Ada satu cara yang lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan jasa influencer ataupun konten creator, yaitu Anda bisa bergabung bersama Akademi Bisnis Digital (ABDi) Akademi Bisnis Digital (ABDi) merupakan sebuah komunitas yang keren, komunitas yang bisa mewadahi orang-orang yang ingin belajar seputar bisnis online, termasuk di dalamnya adalah instagram marketing. Ketika bergabung bersama dengan ABDi, Anda tidak hanya bisa belajar mengenai instagram marketing saja, bahkan konten-kontennyapun (gambar & video) sudah disiapkan dan akan diupdate setiap harinya. Dengan begitu, Anda tidak perlu menggunakan jasa influencer ataupun konten kreator untuk menjalankan instagram marketing.

Bukan hanya itu saja, untuk Anda yang masih bingung mau berbisnis apa, jangan khawatir! ABDi juga menyediakan produk-produk berkualitas yang bisa Anda jual, baik dengan sistem dropship maupun dengan sistem affiliate. Satu lagi, materi-materi bisnis online yang disajikan dalam bentuk video tutorial memang bisa diakses secara online kapanpun dan dimanapaun, tapi selain secara online, ABDi juga sering mengadakan kopdar di berbagai kota di Indonesia setiap pekannya. Tujuan diadakan kopdar ini adalah untuk membantu member-member yang mengalami kesulitan dalam praktek, tapi selain itu, kopdar juga sering diadakan sebagai ajang untuk bersilaturahim antara sesama member juga mentor-mentor dari ABDi. Informasi mengenai ABDi yang diampaikan di sini memang sangat sedikit, maka untuk lebih lengkapnya Anda bisa menonton video singkat yang ada di halaman ini terlebih dahulu : review akademi bisnis digital.

So, di tahun 2020 ini instagram masih sangat powrfull untuk digunakan sebagai media pemasaran & jika Anda seriung ingin mempelajari instagram marketing (materi-materi lain seputar bisnis online), maka tidak ada salahnya jika Anda bergabung bersama dengan komunitas Akademi Bisnis Digital (ABDi) Semoga tulisan ini bermanfaat, baik untuk pengembangan diri Anda, maupun untuk pertumbuhan bisnis Anda kedepannya.

(Visited 112 times, 1 visits today)

Leave a Comment